cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019" : 57 Documents clear
PENGARUH MODELRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIKEMBAR Mrs. Kustinah; Tanti Agustiani; David Setiadi
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.445 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1701

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap kemampuan menulis drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikembar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan desain penelitian One Group Pretest-PosttestDesain menggunakan satu kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol. Berdasarkan hasil observasi beberapa siswa belum mengetahui unsur-unsur drama, struktur dan kaidah kebahasaan drama. Model pembelajaran Resource Based Learning merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukan kemampuan menulis drama siswa setelah diberikan treatment mengalami peningkatan dengan pemerolehan gain  sebesar 774,7 dan rata-rata 27,66. Hal tersebut dibuktikan dengan  pemerolehan Thitung = 14,11 TTabel = 2,052. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning berpengaruh terhadap  peningkatan kemampuan menulis drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikembar.Kata kunci:  Menulis, Teks Drama, Model Resource Based Learning. Abstract. This research is a quantitative research which aims to examine the effect of the Resource Based Learning learning model on the ability to write plays of class VIII students of SMP Negeri 2 Cikembar. The subjects in this study were students of class VIIIC, totaling 28 students. The sampling technique uses Random Sampling with the design of the One Group Pretest-Posttest Design study using one experimental class without any control class. Based on the results of observations, some students do not know the elements of drama, the structure and rules of linguistic drama. The Resource Based Learning learning model is the right solution to overcome the problems experienced by students. The results showed that students' ability to write plays after being given treatment increased with the gain of 774.7 and an average of 27.66. This is evidenced by the acquisition of Thitung = 14.11 TTable = 2.052. So it can be concluded that the Resource Based Learning learning model has an effect on improving the writing ability of the eighth grade students of SMP Negeri 2 Cikembar.Keywords: Writing, Drama Text, Resource Based Learning Model.
PEMANFAATAN CERITA SEPUTAR SUNGAI BENGAWAN SOLO SEBAGAI BAHAN MENULIS CERITA FANTASI BERMUATAN KARAKTER UNTUK SISWA SMP Mr. Sukiman; Zanuba Arifah Khofshoh; Muhammad Labib Al-Halim
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.799 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1712

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) pemanfaatan cerita seputar Sungai Bengawan Solo sebagai bahan menulis cerita fantasi, 2) kendala yang dihadapi siswa dalam menulis cerita fantasi, dan 3) solusi mengatasi masalah menulis cerita fantasi dengan memanfaatkan cerita seputar Sungai Bengawan Solo. Rancangan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data-data yang ditemukan. Berdasarkan data yang telah ditemukan serta analisi data, maka diperoleh beberapa hasil, yaitu; cerita yang ada di Seputar Sungai Bengawan Solo dapat dijadikan sebagai sumber belajar menulis cerita fantasi. Cerita tersebut seperti cerita Buaya Putih dan Ande-Ande Lumut. Menulis cerita fantasi dengan memanfaatkan cerita rakyat dapat dilakukan dengan beberapa langkah, seperti analisi inti cerita, mengembangkan inti cerita, menentukan tema inti cerita, membuat poin alur, dan mengembangkan alur. Namun, dalam menulis cerita fantasi ada beberapa kendala yang dihadapi, yaitu kesulitan mengkonversikan teks dan pemahaman terhadap teks fantasi yang kurang. Untuk mengatasi kendala tersebut, dapat dilakukan dengan mengembangkan modul mengkonversikan cerita rakyat menjadi cerita fantasi.Kata Kunci: Cerita Rakyat, Bengawan Solo, Cerita Fantasi, Karakter Abstract. This study aims to describe 1) the use of stories about the Bengawan Solo River as material for writing fantasy stories, 2) the obstacles faced by students in writing fantasy stories, and 3) the solution to the problem of writing fantasy stories by utilizing stories around the Bengawan Solo River. The design of the study used descriptive qualitative by describing the data found. Based on data that has been found and data analysis, some results are obtained, namely; the stories on the River Bengawan Solo can be used as a source of learning to write fantasy stories. The story is like the story of White Crocodile and Ande-Ande Lumut. Writing fantasy stories by utilizing folklore can be done in several steps, such as analyzing the core story, developing the core story, determining the core theme of the story, making flow points, and developing the plot. However, in writing fantasy stories there are several obstacles faced, namely the difficulty of converting texts and understanding of fantasy texts that are lacking. To overcome these obstacles, it can be done by developing a module to convert folklore into a fantasy story.Kata Kunci: Folk Story, Bengawan Solo, Fantasy Stories, Characters
ANALISIS UNSUR PEMBANGUN DALAM KUMPULAN PUISI SEGENGGAM CINTA UNTUK SANG MAHA CINTA KARYA M. SAIDATI SEBAGAI BAHAN AJAR Chikita Celine Putri Prilla; Asep Firdaus; Hera Wahdah Humaira
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.771 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1696

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk 1) Memaparkan unsur pembangun puisi “Doa Hamba yang Lara”, “Pintaku Pada-Mu”, dan “Pasrah”, yang terdapat Kumpulan Puisi Segenggam Cinta untuk Maha Cinta karya M. Saidati. 2) Menggunakan hasil analisis puisi “Doa Hamba yang Lara”, “Pintaku Pada-Mu”, dan “Pasrah, yang terdapat dalam Kumpulan Puisi Segenggam Cinta untuk Sang Maha Cinta karya M. Saidati sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Sukabumi. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa 1) Observasi, 2) Dokumentasi, dan 3) Angket (kuesioner). Dalam teknik analisis penulis menggunakan unsur pembangun puisi untuk memudahkan pembaca dalam menangkap makna dan memahami puisi tersebut. Hasil analisis tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Sukabumi dengan tetap mengacu kepada kurikulum dan silabus yang diterapkan, karena respon siswa terhadap puisi dan analisis unsur pembangun puisi adalah positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang dilakukan oleh 34 orang siswa dengan pemerolehan total skor 2700 dan nilai rata-rata 79,41, yang mengacu pada prinsip pemilihan bahan ajar dan aspek pemilihan bahan ajar yaitu prinsip relavansi, konsistensi, dan kecukupan, juga aspek bahasa dan aspek psikologi.  Kemudian setelah menganalisis unsur pembangun puisi siswa dapat mengetahui beberapa aspek yang harus ditemukan ketika menganalisis unsur pembangun puisi, diantaranya diksi, imaji, rima, tema, dan amanat.Kata Kunci: Unsur Pembangun, Puisi, Bahan Ajar.Abstract. This research is a qualitative research which aims to 1) describe the building blocks of the poem "the Prayer of the Servant of the Lara", "My Door to You", and "Resign", which is a collection of M. Saidati's Handfuls of Love for Maha Cinta. 2) Using the results of the analysis of the poem "The Prayer of the Serious Servant", "My Door to You", and "Resignation, which is contained in the Collection of Poems of Love for the Sang Maha Cinta by M. Saidati as an Indonesian language learning material in class VIII of SMP Negeri 13 Sukabumi City. To achieve these objectives the author uses descriptive analysis research methods. Then the data collection techniques used by the author in the form of 1) Observation, 2) Documentation, and 3) Questionnaire (questionnaire). In the analysis technique the writer uses poetry building elements to facilitate the reader in capturing the meaning and understanding of the poem. The results of the analysis can be used as learning material in class VIII Sukabumi City Middle School 13 by still referring to the curriculum and syllabus applied, because students' responses to poetry and analysis of poetry building elements are positive. This is evidenced by the results of the analysis carried out by 34 students with the acquisition of a total score of 2700 and an average value of 79.41, which refers to the principle of selection of teaching materials and aspects of the selection of instructional materials, namely principle of relevance, consistency, and sufficiency, also aspects of language and psychological aspects. Then after analyzing the poetry builder elements students can find out some aspects that must be found when analyzing the poetry builder elements, including diction, images, rhymes, themes, and mandates.Keywords: Builder Elements, Poetry, Teaching Materials.
ANALISIS KESALAHAN SURAT DINAS DESA BOJONGSAWAH SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP Gita Restu Rahayu
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.531 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1707

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berjudul Analisis Kesalahan Surat Dinas Desa Bojongsawah Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas VII SMP. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan ejaan, tanda baca, dan huruf kapital yang terdapat pada surat dinas desa Bojongsawah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesalahan ejaan, tanda baca, dan huruf kapital yang terdapat pada surat dinas desa Bojongsawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Peneliti melakukan analisis pada arsip surat dinas desa Bojongsawah tahun 2018 sebanyak 27 surat. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat kesalahan yang ditemukan pada ejaan, tanda baca, dan huruf kapital. Kesalahan ejaan terdapat pada 21 surat dari 27 surat, kesalahan tanda baca terdapat pada 24 surat dari 27 surat dan terakhir kesalahan huruf kapital terdapat 23 surat dari 27 surat.Hasil analisis kesalahan surat dinas desa Bojongsawah dapat dijadikan bahan atau contoh pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP mengenai surat menyurat berdasarkan Kurikulum 2013 revisi 2018.Kata kunci : surat, surat dinas, surat dinas desa BojongsawahAbstract. This study is entitled Error Analysis of the Bojongsawah Village Office Letter as Learning Materials for Class VII Middle School Students. The research problem formulation is how to use spelling, punctuation, and capital letters contained in the Bojongsawah village official letter. The purpose of this study is to determine the form of spelling mistakes, punctuation, and capital letters contained in the Bojongsawah village official letter. The method used in this study is a qualitative method. Researchers conducted an analysis of the 2018 Bojongsawah village official letter archive. Based on data analysis, there are errors found in spelling, punctuation, and capital letters. Spelling errors were found in 21 letters from 27 letters, punctuation errors were found in 24 letters from 27 letters and finally capital letters errors were 23 letters from 27 letters. Middle school regarding correspondence based on the 2013 revised 2018 Curriculum.Keywords: letter, official letter, official letter from Bojongsawah village.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSENT MINDMAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KOTA SUKABUMI Siti Nurdianti; David Setiadi; Deden Ahmad Supendi
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.495 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1702

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya daya imajinasi siswa sehingga sulit siswa sulit menuangkan ide, pikiran atauppun gagasannya secara tertulis dalam menulis teks berita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara objektif tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran consent mindmap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan teknik penentuan sampel simple random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah tes dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa saat pelaksanaan pretest sebesar 1439.6 dengan rata-rata 47.9, sedangkan setelah pelaksanaan posttest sebesar 2350.3 dengan rata-rata 78.3. Hasil ini menunjukkan, adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan dalam pengujian statistik dengan uji-t terhadap nilai pretest dan posttets siswa diperoleh hasil bahwa jumlah thitung sebesar 18.96 dan ttabel sebesar 2.045, berati bahwa jumlah thitung ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa pemggunaan model pembelajaran consent mindmap berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa teks berita.Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Berita, Model Pembalajaran                      consent Mindmap.Abstract. This research is motivated by the low factor of the imagination of students, making it difficult for students to express ideas, thoughts or ideas in writing news texts. This research is a quantitative research that aims to obtain an objective picture of whether there is a significant difference between the ability of students to write news texts before and after being given treatment using the mindmap consent learning model. The research method used in this study is to use quantitative methods of experiment with one group pretest and posttest design research design. The number of samples in this study were 30 students with the technique of determining simple random sampling. While the data collection techniques that researchers do are tests and documentation. The results of the study showed the average value of students at the time of the pretest implementation was 1439.6 with an average of 47.9, while after the implementation of the posttest it was 2350.3 with an average of 78.3. These results indicate, there are significant differences between the results of the pretest and posttest. Furthermore, based on the results of calculations in statistical testing with t-test on the value of the pretest and posttets students obtained results that the number of tcounts is 18.96 and ttable is 2.045, meaning that the number of tcount tttable, then H0 is rejected and H1 is accepted. Thus, this shows that the use of the mindmap consenr learning model influences the students' writing ability in the news text.Keywords: Ability to Write News Text, Mindmap Consent Learning Model.
PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP/MTs SE-KECAMATAN NAMLEA KABUPATEN BURU Mr. Musyawir; Rosita Mangesa
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.586 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1713

Abstract

Abstrak. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  model active  learning teknik jigsaw terhadap   keterampilan   berbicara efektif siswa kelas VII SMP/MTs se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Penelitian ini merupakan  penelitian quasi experiment, dengan  variabel terikat keterampilan  berbicara siswa, serta variabel bebas model active learning teknik jigsaw. Desain penelitiannya  yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP/MTs se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Data  dikumpulkan  menggunakan  lembar  observasi  dan  lembar  penilaian  unjuk  kerja.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model active learning teknik jigsaw lebih berpengaruh terhadap  keterampilan berbicara siswa dibandingkan  metode  konvensional. Hal tersebut berdasarkan  hasil  analisis  uji-t  perubahan  keterampilan  berbicara  kedua  kelompok,  diperoleh  nilai  Sig  sebesar 0,000  menyatakan    0,05  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  Ho  ditolak  dan  Ha  diterima, yang  artinya  terdapat pengaruh penggunaan model active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa. Kata kunci: model active learning teknik jigsaw, keterampilan berbicaraAbstract. This study aims to determine the effect of the use of active learning models of jigsaw techniques on effective speaking skills of class VII students of SMP / MTs in Namlea District, Buru Regency. This research is a quasi-experimental study, with the dependent variable students' speaking skills, as well as the independent variables of the jigsaw technique of active learning models. The research design is nonequivalent control group design. The subjects of this study were Grade VII students of SMP / MTs throughout Namlea District, Buru Regency. Data collection techniques used observation and performance tests. Data were collected using observation sheets and performance evaluation sheets. The data analysis technique used is the t-test statistical analysis. The results showed that the active learning model of jigsaw technique had more influence on students' speaking skills compared to conventional methods. This is based on the results of the t-test analysis of changes in speaking skills of the two groups, obtained Sig value of 0,000 stated 0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is an influence of the use of active learning models of jigsaw techniques on students' speaking skills.Keywords: active learning model jigsaw technique, speaking skills
PENGARUH FORMASI TEMPAT DUDUK BERBENTUK “U” TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA KELAS XII IPS 1 DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH AL-ISTIQOMAH KOTA SUKABUMI Risman Wildan
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.535 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1697

Abstract

Abstrak. Menyimak berita merupakan kegiatan yang harus dikuasai setiap siswa di kelas XII karena akan sangat penting bagi kemampuannya jikalau mereka sudah masuk di dunia kerja. Menyimak berita membutuhkan beberapa kemampuan yang harus dimiliki siswa karena di dalam berita terdapat beberapa unsur-unsur pembentuk yang harus diketahui dan dicermati. Unsur-unsur pembentuk teks berita adalah Siapa, Apa, Dimana, Kapan, Kenapa dan Bagaimana. Salah satu yang bisa dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia adalah menyiasati dengan mengubah formasi tempat duduk yang semula konvensional menjadi formasi tempat duduk berbentuk “U”. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa keunggulan dari formasi tempat duduk berbentuk “U” tersebut. Berdasarkan hasil penelitian di kelas, terdapat perbedaan dari hasil pretest sebelum dirubah dan nilai hasil postest sesudah menggunakan formasi tempat duduk berbentuk “U”. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Al-istiqomah Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena perbedaan nilai antara pretest dan postest diukur menggunakan angka-angka.Kata Kunci: Menyimak, Teks berita, Formasi Tempat Duduk Berbentuk “U”Abstract. Listening to the news is an activity that must be mastered by every student in class XII because it will be very important for its ability if they have entered the work. Listening to the news requires some abilities that students must have because inside the news there are several forming elements that must be known and observed. The elements of the news text are Who, What, Where, When, Why and How. One of the things that can be done by Indonesian language teachers is to get around sitting formation by changing the seating formation from conventional into a "U" shaped seating formation. Based on the results of the study, there are several advantages of the "U" shaped seating formation. Based on the results of the research in the class, there are differences from the results of the pretest before being changed and the value of the posttest results after using a "U" shaped seating formation. This research was conducted at the Al-Istiqomah Islamic Senior High School in Sukabumi.. This study uses quantitative research methods because the difference in values between pretest and posttest is measuredby using numbers.Keywords: Listening, The news, “U” shaped seating formation
ANALISIS UNSUR EKSTRINSIK PADA ANTOLOGI CERPEN CATATAN HATI DI SETIAP DOAKU KARYA ASMA NADIA DAN KAWAN-KAWAN SEBAGAI BAHAN PENBELAJARAN SISWA KELAS XI MA AL-MA’TUQ Mrs. Fitriyani; David Setiadi; Tanti Agustiani
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.856 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1708

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis unsur ekstrinsik yang terkandung dalam antologi cerpen Catatan Hati di Setiap Doaku karya Asma Nadia dan kawan-kawan, dan menggunakan hasil analisis unsur ekstrinsik pada cerpen yang berjudul “Bila Tukang Tidur Berdoa”, “Bukan Karena Allah Tak Sayang”, dan “Doa-doa Mami” untuk dijadikan bahan pembelajaran sastra di kelas XI MA Al-Matuq Sukabumi. Penelitian ini focus pada menganalisis nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen yakni nilai religi dan nilai moral dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis nilai religi pada ketiga cerpen tersebut adalah menampilkan sebuah kekuatan dan keajaiban dari sebuah doa. Doa yang selalu dipanjatkan harus diiringin dengan keyakinan yang kuat kepada Allah. Sedangkan hasil analisis nilai moral pada ketiga cerpen tersebut adalah menampilkan prilaku sabar,  Menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI Ma Al-Ma’tuq . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cerpen “Nila Tukang Tidur Berdoa” (Taufan E. Prast), “Bukan Karena Allah Tak Sayang” (Nanik Susanti), dan “Doa-doa Mami” (Asma Nadia) merupakan cerpen yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik, terbukti dari hasil analisis peserta didik banyak yang mendapat nilai di atas KKM. Selain itu ketiga cerpen tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip pemilihan bahan ajar. Sehingga ketiga cerpen tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran khsusunya materi cerpen pada peserta didik di kelas XI.Kata Kunci: Cerpen, unsur ekstrinsik, nilai religi, nilai moral, pembelajaran                      sastra, bahan pembelajaranAbstract. This study aims to explain the analysis of the extrinsic elements contained in the anthology of the short story Heart Notes in Every Prayer by Asma Nadia and friends, and use the results of the analysis of extrinsic elements in the short story entitled "If Sleepers Pray", "Not Because God Doesn't Love" , and "Mami Prayers" to be used as literary learning material in class XI MA Al-Matuq Sukabumi. This study focuses on analyzing the values contained in the short story of religious values and moral values by using descriptive qualitative methods. Based on the analysis of religious values in the three short stories is to show a strength and magic of a prayer. Prayers that are always offered must be accompanied by a strong belief in God. While the results of the analysis of moral values in the three short stories are displaying patient behavior, Facing trials given by God. The results of this study serve as learning material in class XI Ma Al-Ma'tuq. Based on the results of the study it can be concluded that the short story "Tilapan Sleeping Prayers" (Taufan E. Prast), "Not Because God Isn't Darling" (Nanik Susanti), and "Mami Prayers" (Asma Nadia) are interesting and easy to understand short stories by students, as evidenced by the results of the analysis of many students who scored above the KKM. Besides these three short stories are in accordance with the principles of the selection of teaching materials. So that the three short stories can be used as learning material especially short story material for students in class XI.Keywords: Short stories, extrinsic elements, religious values, moral values,                   learning  literature, learning material
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA SUKABUMI Ujang Ahmad Faturohman; Asep Firdaus; Fauziah Suparman
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.784 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1703

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh metode sosiodramaterhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi . Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII F yang berjumlah 40 siswa. Peneliti tertarik mengambil judul “Pengaruh Metode PembelajaranSosiodrama Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi ”. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur sebelum dan setelah menggunakan metode sosiodrama, dan mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh ketika pretestdengan nilai rata-rata siswa yaitu 71.21 sedangkan nilai rata-rata posttest 83. Hal tersebut mengalami peningkatan setelah peneliti menggunakan metode sosiodrama. Hasil perhitungan masing-masing tes dilakukan dengan menggunakan uji-t dan disignifikasikan terhadap pretest dan posttest sehingga diperoleh hasil bahwa thitung (7.10)  ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwaadanya perbedaan yang terjadi antara pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi.Kata Kunci: Menulis, Teks prosedur, Sosiodrama.Abstract. This research is a quantitative research that aims to support the sociodrama method of the ability to write text for class VII students of SMP Negeri 4, Sukabumi City, 2018/2019 Academic Year. The sample in this study were students of class VII F who gathered 40 students. The researcher was interested in taking the title "The Influence of Sociodrama Learning Methods on the Writing Ability of Texts of Class VII Students of State Junior High School 4 in Sukabumi City 2018/2019 Academic Year". The purpose of this research was to study the ability to write text before and after using the sociodrama method, and to understand the ability of the sociodrama method towards the ability to write procedure texts. The research method used in this study is a quantitative method by using a research design group one pretest-posttest design. The results of the research obtained by the pretest compilation with the average value of students was 71.21 while the average value of posttest was 83. This required an increase after the researchers used the sociodrama method. The results of the calculation of each test were carried out using the t-test and identified the pretest and posttest results obtained from tcount (7.10) t table. These results indicate that there are differences that occur between pretest and posttest. It can be concluded that the sociodrama learning method can help with the ability to write text in class VII of the SMP Negeri 4 Kota Sukabumi.Keywords: Writing, Procedure text, Sociodrama
ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI Mrs. Riska; Deden Ahmad Supendi; Tanti Agustiani
Jurnal Bahastra Vol 4, No 1 (2019): Edisi September 2019
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.033 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v4i1.1698

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik pembelajaran kooperatif pada RPP guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Adapun karakteristik tersebut yaitu pembagian kelompok berdasarkan tingkatan pengetahuan (heterogen), tanggung jawab individu terhadap individu, dan rekognisi tim atau penghargaan terhadap tim. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain ex post facto tipe studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah RPP serta guru bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri se-Kota Sukabumi. Objek dalam penelitian yaitu karakteristik pembelajaran kooperatif. Instrumen dalam penelitian menggunakan pernyataan dan pertanyaan berkaitan dengan karakteristik kooperatif serta sintak dalam pembelajaran kooperatif. Berdasarkan pada tabel analisis dapat diketahui bahwa pada RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi yang mencantumkan karakteristik pembelajaran kooperatif secara lengkap terdapat pada meteri hikayat KD 3.7. Kemudian pada beberapa materi, karakteristik tersebut tidak seluruhnya dicantumkan, seperti pada materi LHO, eksposisi, anekdot, negosiasi, debat, biografi dan puisi. Karakteristik pembelajaran kooperatif di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi memiliki hasil yang sama, yaitu tercantum dua karakteristik pembelajaran pada semua materi atau KD yakni tanggung jawab individu terhadap individu dan rekognisi tim. Adapun karakteristik yang tidak dicantumkan pada semua materi di RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi yaitu pembagian kelompok berdasarkan tingkatan pengetahuan (heterogen).Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, RPP, Karakteristik, GuruAbstract.This study aims to find out how the characteristics of cooperative learning in Indonesian language teacher RPP in SMA 3, SMA 4, and SMA 2 in Kota Sukabumi. The characteristics are group division based on the level of knowledge (heterogeneous), individual responsibility towards the individual, and team recognition or respect for the team. This type of research is qualitative descriptive with ex post facto type case study design. Subjects in the study were RPP as well as Indonesian language teachers in class X of the Senior High Schools throughout Sukabumi City. The objects in the study are the characteristics of cooperative learning. Instruments in research use statements and questions related to cooperative characteristics and syntax in cooperative learning. Based on the analysis table, it can be seen that in the Indonesian language RPP class X, Public High School 3, Sukabumi City, which lists the characteristics of cooperative learning in full, is contained in the KD 3.7 story series. Then in some materials, these characteristics are not entirely included, such as in the LHO material, exposition, anecdote, negotiation, debate, biography and poetry. Characteristics of cooperative learning in 4 Public High Schools in Sukabumi City and Sukabumi City 2 High School have the same results, namely listed two learning characteristics in all material or KD, namely individual responsibility towards individuals and team recognition. The characteristics that are not included in all material in Indonesian Language RPP class X, Public High School 4, Sukabumi City and Public High School 2, City of Sukabumi, are divided into groups based on the level of knowledge (heterogeneous).Keyword: Learning, Cooperative, RPP, Characteristics, Teacher